Inilah Perbedaan Penyu dan Kura Kura

Konten [Tampil]

Perbedaan Penyu dan Kura Kura - Terdapat dua spesies hewan yang selama ini sering dianggap sama karena memiliki penampilan yang mirip, yaitu penyu dan kura-kura. Kedua hewan ini kerap dianggap sama karena keduanya sama-sama memiliki tempurung di bagian punggungnya.

Perbedaan Penyu dan Kura Kura

Perbedaan Penyu dan Kura Kura

Walaupun terlihat mirip, penyu dan kura-kura merupakan spesies hewan yang berbeda, hanya saja berasal dari ordo yang sama, yaitu Terstudinata. Nah, berikut merupakan perbedaan penyu dan kura-kura agar tidak tertukar saat menyebutkan keduanya, antara lain:

1. Bentuk Tubuh


Sebenarnya cara paling mudah untuk membedakan penyu dan kura-kura yaitu dapat dilihat dari bentuk tubuh dua hewan ini. Meskipun sama-sama dapat hidup di air akan tetapi penyu lebih pandai berenang dibandingkan kura-kura karena penyu menghabiskan lebih banyak waktunya di dalam air.


Kemampuan berenang penyu didukung oleh sirip, kaki yang memiliki selaput, dan juga cakar panjang yang dapat digunakan untuk membantu penyu berenang ke permukaan air. Sedangkan kura-kura tidak memiliki bentuk tubuh seperti penyu.


Kura-kura justru mempunyai kaki yang pendek dan kuat dengan cakar panjang untuk menggali tanah, serta cangkang yang keras untuk melindungi dirinya dari pemangsa. Saat merasa dalam keadaan bahaya, kura-kura akan memasukkan kepala dan keempat kakinya ke dalam cangkangnya yang keras.


2. Habitat dan Cara Bertelur


Penyu dan kura-kura memang dapat hidup di dua tempat yang berbeda, yaitu di air serta di darat. Akan tetapi, penyu lebih suka berada serta berenang di air dibandingkan berada di darat. Hal ini berbeda dengan kura-kura yang lebih sering menghabiskan waktunya di area daratan ketimbang di perairan.


Habitat penyu dan kura-kura juga berbeda. Penyu hidup di perairan asin atau air laut, sedangkan kura-kura berada di air tawar. Cara bertelur kedua hewan ini juga berbeda. Penyu akan naik ke daratan untuk bertelur, lalu meninggalkan telurnya di lubang yang sudah dibuat untuk kembali ke laut. Sedangkan kura-kura akan melindungi telur-telurnya hingga menetas dan dianggap sudah bisa hidup sendiri yang dengan perkiraan waktu hingga 80 hari setelah kelahiran.


3. Makanan yang Dikonsumsi


Kebiasaan makan penyu serta kura-kura juga berbeda. Penyu merupakan hewan pemakan segala, yang dapat memakan tumbuhan laut ataupun berbagai hewan laut. Penyu juga dapat mengkonsumsi ikan kecil, ubur-ubur, sampai serangga seperti cacing tanah saat berada di darat.


Akan tetapi, berbeda dengan kura-kura yang merupakan hewan herbivora dan hanya memakan rumput, buah, sayur, dan bunga. Bahkan dalam sebuah laporan ilmiah, ditemukan bahwa kura-kura dapat mengkonsumsi hingga 200 jenis tanaman berbeda setiap tahunnya.


4. Usia dan Masa Hidup


Kura-kura memiliki usia yang dapat dikatakan sangat panjang, yaitu dapat mencapai 80 hingga 150 tahun. Berdasarkan para ahli, sebagian besar kura-kura yang hidup di penangkaran memiliki umur panjang yang dapat mencapai lebih dari 100 tahun.


Bahkan ada kura-kura yang tercatat dapat hidup hingga lebih dari 150 tahun yaitu kura-kura raksasa Seychelles bernama Jonathan yang hidup di Pulau Saint Helena yang memiliki usia 187 tahun. Sedangkan penyu umumnya memiliki umur hidup hingga 60 sampai 70 tahun di alam liar.

LihatTutupKomentar