Tempat Wisata Alam di Jogja

Konten [Tampil]
Tempat Wisata Alam di Jogja - Ketika berada di Jogjakarta, menikmati udara bebas dan terlepas dari hiruk pikuk pekerjaan, menjadi pilihan yang menarik. Kota istimewa ini mempunyai beberapa wisata alam yang tidak hanya seru, namun juga cocok sebagai spot foto menarik.

Untuk melepas lelah, berlibur ke wisata alam menjadi pilihan yang paling populer. Sambil bermain seru dan menikmati udara bebas memang hal yang menarik. Jogja juga mempunyai keunggulan di sektor pariwisata, selain terkenal akan tradisi budayanya yang kental.

Tempat Wisata Alam di Jogja

Jogja juga mempunyai banyak tempat wisata alam yang menyuguhkan berbagai macam permainan seru dan pemandangan. Berikut beberapa referensi tempat wisata alam di Jogja yang bisa Anda kunjungi :

1. Bukit Parang Endog

Tempat Wisata Alam di Jogja

Parangtritis adalah salah satu tempat yang paling populer di Jogja dan tahukah anda bahwa di ujung bagian timur Pantai Parangtritis terdapat sebuah landasan Paralayang yang disebut dengan Bukit Parang Endog. Di bukti ini Anda dapat melakukan Paralayang dan terbang bersama seorang instruktur yang berpengalaman. Selain itu Anda juga dapat menikmati indahnya Pantai Parangtritis dari atas Bukit Parang Endog ini, apalagi jika sore hari, disini Anda juga dapat menyaksikan senja dengan sempurna.

2. Pemandian Tirta Budi

Pemandian Tirta Budi atau sering disebut dengan Blue Lagoon merupakan sebuah pemandian yang airnya terlihat berwarna kebiruan. Kolam ini menjadi destinasi impian para wisatawan karena kolam alami ini memiliki air yang sangat jernih seperti kristal, dan berada di tengah-tengah rimbunnya pepohonan. Disini anda dapat berenang serta terjun bebas ke air sepuasnya.

3. Puncak Becici

Puncak Becici adalah destinasi yang bisa anda tuju jika anda ingin menikmati keindahan kota Jogja dari ketinggian. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 15 menit dari jalan setapak yang ada untuk sampai ke puncaknya. Di puncak, anda akan menemukan area gardu pandang yang bisa untuk melihat keindahan alam sekitar, bahkan keindahan Gunung Sindoro dan Gunung Merapi dapat terlihat pula pada saat cuaca cerah.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Di Gumuk Pasir Parangkusumo ini akan akan membuat anda lupa bahwa anda sedang berada di Pulau Jawa, pasalnya anda akan melihat hamparan padang pasir nan luas seperti di Timur Tengah. Di sini anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan aktivitas fisik yang seru, seperti sandboarding.

5. Goa Jomblang

Goa Jomblang merupakan sebuah gua yang terbentuk ribuan tahun yang lalu karena proses geologi dan berada di kawasan gunungkidul. Amblesnya tanah ke dasar bumi membentuk sumuran atau sinkhole. Memasuki goa harus dengan cara memakai satu tali sebagai lintasan, karena lokasinya tersebut. Anda akan merasakan pengalaman yang menegangkan dan seru dalam perjalanan turun kurang lebih sejauh 80 meter dari mulut goa.

6. Goa Langse

Goa Langse adalah goa lainnya yang tidak kalah keren di daerah jogja. Goa satu ini menjadi destinasi yang sangat pas bagi anda yang suka tantangan dan berpengalaman memanjat tebing. Pasalnya, jalur menuju Goa Langse cukup berbahaya dan curam. Pengunjung akan disambut dengan tangga yang terjal dan nyaris tegak lurus dengan jarak tempuh kurang lebih 750 meter. Anda akan menemukan suasana yang sunyi yang sangat cocok untuk semedi begitu anda mencapai goa.

7. Bukit Pengilon

Karena di bukit ini terdapat batu yang mirip sekali dengan cermin sehingga bukit ini dinamakan dengan bukit Pengilon yang berarti cermin menurut bahasa Jawa. Banyak wisatawan yang melakukan tracking hingga camping dan mendirikan tenda di sana karena areanya yang menyejukkan serta sangat luas. Selain itu, bukit ini juga akan memanjakan mata anda dengan pemandangan indah yang berlatar belakang laut dan Anda bisa mengabadikan foto.

8. Air Terjun Kedung Kandang

Terdapat sebuah air terjun yang dikelilingi oleh hamparan sawah di kawasan Gunungkidul. Masyarakat sekitar Jogja menyebutnya Air Terjun Kedung Kandang. Air terjun ini menarik karena mempunyai enam sumber yang langsung mengalir ke area persawahan. Anda harus trekking terlebih dahulu untuk bisa sampai ke lokasi ini. Walaupun sedikit melelahkan, namun saat trekking anda akan menemukan pemandangan serba hijau yang bisa menyegarkan mata.
LihatTutupKomentar