Inilah 5 Makanan Khas Daerah Yang Mudah Dibuat

Konten [Tampil]
Makanan Khas Daerah Yang Mudah Dibuat - Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan berbagai ragam jenis kulinernya yang terdapat dari sabang sampai merauke. Setiap sajian makanannya tentu memiliki berbagai ciri khas tersendiri yang dimana didukung dengan banyaknya berbagai rempah-rempah yang melimpah serta bahan pokok lainnya.

Makanan Khas Daerah Yang Mudah Dibuat

Sehingga menjadikan berbagai makanan tersebut berpotensi untuk dijadikan sebagai makanan khas yang mewakili suatu daerah di Indonesia. Selain itu, di setiap daerah juga mempunyai berbagai cara khusus dalam memasaknya dan juga memiliki histori tersendiri di dalamnya.

Meskipun demikian, ternyata banyak sekali orang-orang yang beranggapan bahwa makanan tradisional di Indonesia sangat sulit untuk dibuat. Maka dari itu, tidak heran jika makanan Indonesia biasanya lebih sering dimasak untuk acara-acara penting.

Makanan Khas Daerah Yang Mudah Dibuat

Tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak sekali makanan khas Indonesia yang dapat dibuat dengan mudah di rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas daerah yang dapat dibuat dengan mudah.

1. Gudeg

Kota Yogyakarta merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang dapat dijadikan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Tidak hanya karena wisatanya, ternyata Yogyakarta juga dikenal sebagai daerah dengan makanan tradisional yang menjadi khasnya yaitu gudeg.

Ternyata banyak sekali wisatawan yang tergiur dengan makanan khas Yogyakarta ini karena makanan ini memiliki ciri khas sebagai makanan berat yang rasanya manis. Dalam pembuatannya, makanan ini berbahan pokok buah nangka dan bumbu rempah - rempah yang dapat dibuat dengan mudah di rumah.

Cara yang dapat dilakukan untuk membuat makanan khas Yogyakarta ini yaitu cukup sediakan nangka yang sudah direbus hingga lunak, lalu keluarkan getahnya. Sambil merebus nangka tersebut, siapkan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang putih, bawang merah, lada, ketumbar bubuk dan juga kemiri yang sudah dihaluskan jadi satu.

Apabila nangka sudah lunak dan getahnya hilang, serta bumbu halusnya sudah siap. Selanjutnya campurkan nangka dan bumbunya jadi satu di dalam air. Kemudian rebus sampai airnya meresap dan siap disajikan. Apabila ingin lebih lengkap, Anda bisa menambahkan kerupuk kulit agar lebih nikmat ketika menyantapnya.

2. Gado-gado

Tahukah Anda ternyata suku betawi memiliki ikon tersendiri yaitu ondel-ondel yang jadi ciri khas daerah tersebut. Selain ondel-ondel, daerah tersebut juga memiliki ciri khas dalam makanannya yaitu gado-gado. 

Pada umumnya banyak yang menyebut makanan ini sebagai saladnya Indonesia dengan cita rasa yang khas dan kaya akan rempah-rempah. Gado-gado dapat dijumpai dengan mudah pada beberapa tempat. Ini dikarenakan bahan-bahan yang digunakan dapat ditemukan dengan mudah dan cara membuatnya yang terbilang cukup mudah.

Caranya yaitu cukup haluskan kacang tanah dan cabai secukupnya hingga akhirnya larut menjadi saus. Selanjutnya campurkan sayur-sayuran yang sudah diiris iris yang terdiri dari toge, kacang panjang, kangkung, labu siam, kol, kentang, dan juga timun.

3. Sate

Ponorogo merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Timur yang mendapatkan julukan sebagai kota Reog. Ponorogo memiliki makanan yang sangat khas dan sudah terkenal hingga mancanegara yaitu sate. Makanan ini berbahan dasar daging ayam dan kacang tanah.

Untuk cara pembuatannya juga cukup mudah, yaitu dengan memfilet daging ayam den ditusuk menggunakan tusukan kayu. Kemudian untuk sausnya, cukup haluskan kacang tanah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, garam, gula, dan merica. 

Kemudian campurkan air hingga teksturnya menjadi cair dan campurkan pada daging yang sudah di filet dengan bumbu tersebut. Tambahkan juga perasan jeruk nipis dan kecap kedalamnya. Bakar sate tersebut hingga matang, kemudian bisa disajikan dengan saus kacang ketika akan dihidangkan.

4. Martabak

Salah satu makanan tradisional khas daerah yang satu ini berasal dari daerah Sumatera, tepatnya Bangka Belitung. Makanan tersebut sudah terkenal sejak lama dan hampir di setiap daerah di Indonesia banyak yang menjual martabak khas bangka belitung ini.

Untuk membuatnya yaitu dapat dilakukan dengan cara membuat adonan dari telur, terigu, baking powder, garam, gula, fermipan, baking soda, serta susu bubuk yang dicampurkan dengan air sehingga teksturnya menjadi kental. 

Yang memberikan keistimewaan pada makanan yang satu ini yaitu karena ditambah dengan berbagai toping yang sesuai request pembelinya sehingga bisa menjadi cemilan yang manis dan sesuai dengan toping kesukaan Anda.

5. Rujak Buah

Jawa barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai macam destinasi wisata serta kuliner yang beragam. Salah satu makanan khas jawa barat yang dapat dibuat dengan mudah yaitu rujak buah. Tidak seperti jenis makanan yang lainnya, rujak merupakan jenis makanan tradisional Indonesia yang terbilang ringan.

Untuk menikmati makanan yang satu ini cukup potong-potong beberapa buah seperti bengkoang, pepaya, nanas, jambu air, kedondong, mangga muda, dan juga belimbing. Lalu campurkan dengan saus kacang yang menjadi ciri khas makanan ini.

Untuk membuat sausnya, cukup sediakan beberapa bahan seperti kacang, gula merah, cabe rawit, terasi, asem jawa, kemudian di ulek menjadi satu hingga berubah tekstur menyerupai sambal colek. Nah itulah beberapa jenis makanan tradisional khas Indonesia yang sudah terkenal. Selain itu, makanan tersebut juga dapat dibuat dengan mudah di rumah, dan juga praktis.
LihatTutupKomentar